error
My computer screen cap hari ini

Apa jadinya kalau kamu sedang mulai mengerjakan tugas, tiba-tiba muncul warning **Your Computer Has Been Blocked** sambil komputernya sibuk ngomong sendiri ngulangin isi warningnya.

Pertama sekali, jangan panik. Biasakan untuk bersikap tenang untuk segala sesuatu. Sikap panik akan membuatmu gugup dan melakukan tindakan yang salah. 😀 Well, itu berlaku dalam segala hal. Yah, walaupun hari ini hampir gagal. Hikss

Nah, Hari ini aku kejadian tiba-tiba screen komputerku kayak gambar di atas. Aku bingung, Aku mulai membaca warningnya dengan seksama. Aku mencoba menutup jendela nya namun tidak bisa. Hampir panik juga, terpancing warning untuk menelepon nomor yang ada di warning. Itu tuh yakinin banget soalnya mereka pakai logo Microsoft. Trus yang bikin makin agak tidak terkontrol karena like it said,

‘the following information is being stolen: Facebook login, Credit Card details (Yang paling bikin galau. Mikir kalo uangnya di colong gimana hidup anak mu mak? 😥 ), Email account login, dan photo stored in this computer’

Namun puji Tuhan! Roh Kudus sepertinya mengingatkan untuk cari informasi lewat HP dulu.

Aku mengambil HP, kemudian mengetikkan Error #268D3 di browser. Hitungan detik ratusan entry muncul. Ternyata oh ternyata itu adalah Scam! Astaga!

Malware Tips bilang error #268D3 tuh sejenis pop-up ads yang di sebabkan oleh program jahat aka malicious program yang biasanya ngikut ketika kita men-download program-program gratis. (Sambil ngingat terakhir download Flash Player Gratisan). Nah, terus pop-up ads nya kan mencoba mengelabui kita, supaya kita berpikir komputer kita udah ke blokir. Kalo kita terpancing, we might end up calling them yang pada akhirnya bisa berujung pada penipuan. Ngeri banget yahhh…

Nah, Malware Tips menyuguhkan beragam solusi untuk menghentikannya. Mulai dari men-download AdwCleaner, Malwarebytes anti-Malware, HitmanPro, Zemana Antimalware hingga me-reset ulang browser kita ke default system.

Nah, Karna Internet explorernya tidak bisa di klik sehingga tidak memungkinkan untuk me-reset ulang default systemnya. Aku buka Chrome dan men-download Zemana Antimalware. Setelah di-install, Zemana melakukan scan selama kira-kira 10 menit. Kamu bisa melihat program apa saja yang di-infeksi loh.

Setelah scan selesai, klik next untuk membersihkan malware-nya. Sementara untuk menutup Internet Explorernya, aku pakai kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del untuk membuka task manager dan meng-klik end task.

Setelah cleaning selesai, akan muncul beberapa list malware yang akan dibersihkan lewat re-boot. Silahkan re-boot. Selanjutnya yang aku lakukan setelah re-boot adalah membuka internet explorer dan Puji Tuhan, tidak ada lagi Scamnya. Untuk lebih yakin, aku me-reset ulang ke Default System.

Begitulah cerita gaptekku hari ini, Intinya jangan panik duluan. Hahahah…

Nah, sekedar berbagi informasi, di UK hal-hal seperti ini sering terjadi. Karena mereka ini melek teknologi. Jadi banyak cyber crime loh. Satu lagi, kalo di UK, jangan suka asal connect ke Wi-Fi gratis. Bahaya!!! Kamu beresiko di mata-mata dan semua informasi penting yang ada di HP mu dicolong. Termasuk kalo kamu pakai HP mu bayar tagihan-tagihan pakai debit/credit. Belum lagi kalo akun mu di hack trus di kasi upload-an macem-macem. Bahaya lagi buat cewek-cewek, kamera HP nya bisa di-hack loh oleh para pervert buat mata-matai aktivitasmu. No way!

Begitulah, Silahkan waspada setiap saat. Karena semua yang terlihat baik belum tentu baik adanya kan.

 

Cheers,

Komilie

Advertisements