I once saw a photo a friend posted in Instagram. It was a photo of her table with papers and books. There were a lot of chemistry formulas shown on the book but that seemed fine. What took my attention is the writing next to them.

”Travelling is the only thing you buy that doesn’t make you poor”

That’s amazing how it changes the idea of mine to travelling. I have never been to anywhere before, but since that time I know that life’s to short not to go anywhere. Since that time, I made up my mind about going out. It’s just like, I do not have to be afraid of anything as long as I do right. It’s time to be thankful and see how great God has created this world.

Hari ini aku dan teman-teman berangkat ke Bath. Bath itu another beautiful city di UK yang punya banyak situs bersejarahnya. Rata-rata bangunannya itu masih yang sangat klasik. Dibanding Bristol, kota Bath sedikit lebih kecil dan lebih sedikit orang sih menurutku. Nah Bath Juga ada Universitasnya sendiri yaitu University of Bath yang kalau di UK di gabungin bersama PPI nya dengan Bristol. Jadinya PPI Bristol dan Bath.

Dari akomodasiku, aku harus naik bus ke stasiun kereta. Bus stop paling dekat itu College Green, dan itu nama tempat tinggalku. Ada 2 jenis bus dalam kota di Bristol; First Bus dan Wessex. Nah Kalau dari College Green itu Naik First Bus No 8 ke Bristol Temple Meads Station. Jaraknya itu sekitar 1.8 mil atau sekitar 7 menit naik bus setara dengan 20 menit jalan kaki ala google map.

Di Bristol Temple Meads Station, kami beli tiket dari self service machine. Ternyata Oh oh tiketnya itu cuma GBP4.90 return loh. Aku dan teman-teman berangkat. Lama perjalanan itu hanya 15 menit naik kereta. Kalau naik bus, itu akan menghabiskan sekitar 1 jam dan tiketnya itu lebih mahal. So, if next time kalian mau pergi kemana-mana di UK, kalau masih bisa dijangkau pake railway, silahkan pilih railway saja. Tetapi paling penting sih, rajin-rajin membandingkan tiket di beberapa penyedia layanan transportasi saja, karena naik bus juga kadang bisa sangat murah. Pengalaman teman ada yang dapat GBP 1 ke London dari Bristol naik bus. Jadi tidak ada exact answer untuk ini. hahahah

20161008_101540Di Bath, Stasiun berhenti itu Bath Spa yang hanya berjarak 2 perhentian dari Bristol. Just to let you know, meskipun Bath itu lebih kecil dari Bristol, tapi dikarenakan itu tadi banyak situs bersejarahnya dan kotanya yang menyimpan desain arsiktektur klasik, orang-orang lebih kenal Bath dari Bristol. Hikss. Bath juga masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia loh oleh UNESCO in recognition of the city’s famous architecture.

Situs yang pertama kami kunjungi adalah Roman Bath dan Bath Abbey. Tiket masuk ke Roman Bath itu GBP 13. Nah di dalam itu sebenarnya lebih kayak hot spring. Mirip-mirip taman sari ala Jogja. Yah, kalau akunya mah, mending enggak, sayang uangnya hahahah.

Nah kalau Bath Abbey itu termasuk kepada situs bersejarah peninggalan Inggris. Sudah berdiri sejak Tahun 757 AD (AD : Birth of Jesus Christ), namun itu setelah melalui jatuh bangun, runtuh dan dibangun kembali yah. Gedung yang sekarang itu dibangun pada tahun 1864 sampai 1874 loh. Untuk masuk ke dalam kita dipungut biaya donasi GBP 1. Di dalam Bath Abbey ada kurang lebih 56 scenes in the life of Jesus Christ.

Tempat lain yang kami kunjungi adalah Royal Crescent yang sebenarnya 30 rumah yang dibangun pada 1767-1774 dengan bentuk elips. Royal Crescent berseberangan langsung dengan Victoria Royal Park a.k.a taman gratis. Hahah, soalnya Bath mah seram, enggak kayak London dan Bristol, tamannya kayak Parade Garden pake tiket masuk. Anak sekolah mana sanggup.

20161008_131439

Setelah itu, kami cabs main ke taman, Victoria Royal Park itu luasnya kayak mirip – mirip kebun raya bogor, soalnya ada juga botanical garden nya, ada lapangan Golf nya, ada danau nya juga. Sebelas dua belas lah. Yang paling penting ada pohon yang panjat-able. hahah

Nah ada juga tempat makan yang usianya sudah beribu–ribu tahun umurnya, kalau yang ini must visit yahh.

img-20161008-wa0013Dan yang paling terakhir itu Avon River yang kayaknya mengalir melewati beberapa kota di Inggris. Ada boat trips juga kayak GBP 9/orang gitu. Overall, kota ini adem banget dan terasa banget klasiknya. Ini bisa jadi short get away dari hectic nya kota dan rutinitas harian. Makanannya juga murah, dan yah, jangan kasi makan burung camar nya sembarangan, ntar mereka sakit. hahah. Dilarang keras sama pemerintah setempat. Check this out another photo from Avon River.20161008_115722Bath – Somerset

Cheers

 

Advertisements